Pascasarjana mengadakan kegiatan Pelatihan Service Excellence yang secara khusus dirancang bagi bagi tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan Pascasarjana Universitas Riau agar mampu memberikan layanan prima, sikap dan perilaku kepada pimpinan, sesame dan mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19 Agustus 2023 bertempat di ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru.

service Excellent (Layanan Prima) pada dasarnya adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan atau hasrat manusia, baik yang berhubungan dengan sisi customer  maupun sebagai pemberi layanan. Maka layanan prima bukan hanya memberikan kepuasan kepada customer saja, melainkan juga usaha untuk menyenangkan yang memberikan layanan. Customer yang dimaksud ada 2 bagian, Customer External dan Customer Internal.

Pelayanan pelanggan yang prima mencerminkan bagaimana sebuah lembaga / organisasi / instansi berurusan dengan pelanggan melalui tata kelola sistem yang sehat dan berbudaya. Hal ini akan tercermin dari ketersediaan standar pelayanan, budaya pelayanan, nilai-nilai kerja, kebijakan, dan etos kerja yang diharapkan untuk menjadi perilaku pelayanan yang prima. Prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menggambarkan standard perilaku pelayanan yang prima akan menghasilkan perilaku pelayanan yang fokus pada kebutuhan pelanggan melalui perilaku yang profesional, ramah, sabar, tenang, jujur, hormat, berintegritas, terpercaya dan selaras

Ketua Panitia Kegiatan Dr. Erlisnawati, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa. “Pelatihan ini merupakan sebuah kegiatan pengembangan diri yang perlu dilakukan oleh organisasi dalam penyediaan produktivitas yang berorientasi pelayanan kepada mahasiswa dan tata kelola organisasi”. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pondasi bagi keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, menajemen SDM harus dapat dikelola dengan baik  melalui sistem manajemen yang mendukung, dalam menunjang hal tersebut

Wakil Direktur Wakil Direktur Bidan Umum dan Keuangan Pascasarjana Universitas Riau  Dr. Gusliana HB, SH, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa “diharapkan pada kegiatan service excellent ini dapat memahami dan bisa diterapkan guna membangun pelayanan yang prima dilingkup pascasarjana unri”, benar yang tadi disampaikan oleh narasumber bahwa pemberi pelayanan bukan hanya petugas yang berada pada garis depan, melainkan semua pegawai di lingkup pascasarjana unri , “sebagai penyelenggara pelayanan public kita harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa karena sebagai sumber pendapatan utama dalam penyelenggaraan organisasi” oleh dari itu pelayan public harus didasari dengan penuh keikhlasan dan kebahagiaan yang hakiki bukan sebatas fungsional dalam proses pemberian pelayanan public.

Narasumber pada pelatihan ini adalah Khairul Anwar, S.Psi, C.Ht.,CT, yang telah berpengalaman dalam bidang pelatihan dan pengembangan.Beliau menyampaikan bahwa “dalam meningkatkan motivasi kerja yang pertama kita harus bahagia dan bersyukur” dorongan terhadap produktivitas kerja akan berkembang dengan semangat yang ikhlas  untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa. Tema service excellent kali ini yaitu “Pelayanan Prima, Pascasarjana Maju, Internasional Tangguh. Sebelum memberikan pelayanan kepada siapapun kita harus memiliki kebahagian lebih, karena prinsipnya pelayanan prima adalah memberikan kebahagian” senyuman dan kebahagian yang diberikan harus bersifat ikhlas bukan sebagai penerapan Standar Operasional prosedur sehingga peningkatan SDM dan kelembagaan akan lebih baik,

Kegiatan Service Excellent ditutup dengan acara outbond bersama Dharma Wanita Pascasarjana Unri yang sangat menyenangkan ditambah dengan candaan serta tawa dari peserta. Memberikan dampak positif serta kebahagian dalam momen yang berlalu. Disuguhkan dengan hadiah kepada para pemenang membuat jiwa kompitisi peserta semakin meningkat.